Sabtu, 26 April 2014

Jaguar XJ 2.0 L2014 Gedoran Tenaga Sedan Berdarah Biru

Kunci performa andal itu ada pada mesin 2.0 L Turbocharged yang bekerja dengan dorongan daya dari low inertia turbocharging, direct fuel injection, plus variable timing pada intake dan exhaust camshaft. DI awal kuartal II tahun kuda kayu, Jaguar XJ 2.0 L 2014 mendarat di Bumi Pertiwi. Meski memanggul mesin 2.000 cc, pendamping XJ 3.0 L di rimba sedan premium Indonesia tersebut diklaim tak bisa dipandang sebelah mata daya gedornya.

“Jaguar XJ 2.0 L 2014 menyajikan kemewahan sempurna, dikombinasikan performa, level kemewahan, serta kenyamanan maksimal,“ aku Chief Operating Officer PT Grandauto Dinamika (GAD) Lisa Wijaya di sela-sela seremoni pembukaan Galeri Jaguar-Land Rover Kedoya, Jakarta Barat, kemarin, di Jakarta. Adapun XJ 2.0 L 2014, beber Lisa, bakal diperkenalkan kepada konsumen pada hari ini (Kamis, 24/4) di galeri tersebut.

Di samping menawarkan kemewahan dan kenyamanan ala sedan berdarah biru, kekuatan XJ 2.0 L 2014 terbilang gahar. Gelontoran tenaganya mencapai 240 PS, dengan torsi 340 Nm. Kunci performa andal itu ada pada mesin 2.0 L Turbocharged yang bekerja dengan dorongan daya dari low inertia turbocharging, direct fuel injection, plus variable timing pada intake dan exhaust camshaft.

Mesin 2.0 L i4 Turbocharged berpadu dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Transmisi itu akan merekam perilaku pengendara melalui cara berakselerasi, menikung, dan mengerem untuk kemudian mengatur agresivitas dan kecepatan perpindahan gigi.
Kelincahan kendaraan yang akan dibanderol harga Rp2,1 miliar on the road Jakarta itu terbantu bobot yang diklaim lebih ringan 150 kg ketimbang para kompetitornya. Reduksi berat salah satunya berkat konstruksi bodi aluminium.

Laman daring resmi Jaguar menyatakan, XJ 2.0 L 2014 membutuhkan 7,5 detik untuk mencapai 0-100 km/jam. Adapun konsumsi bahan bakarnya mencapai 8,1 liter/km.

Jaguar XJ yang diboyong GAD ialah versi long wheel base sehingga menawarkan kabin belakang lebih lega, juga dilengkapi beberapa fitur hiburan semisal pemutar DVD, TV tuner, sampai pengatur temperatur AC dan pemanas di tiap-tiap kursi.
Galeri ketiga Kehadiran Jaguar teranyar di Tanah Air tersebut seakan ingin merayakan beroperasinya galeri baru milik GAD di bilangan Kedoya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Galeri Kedoya merupakan galeri 3S ketiga Jaguar-Land Rover di Indonesia. GAD, tukas Lisa, menginvestasikan dana tak kurang dari Rp25 miliar untuk pengembangan galeri tersebut, termasuk untuk lahan, bangunan dua lantai, dan fasilitas servis.

Untuk keperluan servis sendiri terdapat empat stall, dibantu 12 mekanik terlatih dan tesertifikasi Jaguar-Land Rover.
“Tahun ini kami akan buka dua galeri lagi di Jakarta Selatan dan Jakarta Utara. Keduanya akan lebih besar daripada galeri ini,“ terang Liza saat ditanya rencana ekspansi selanjutnya dari GAD.

Dengan demikian, tahun ini GAD akan memiliki total lima galeri. Dua galeri Jaguar-Land Rover sebelumnya terletak di Fatmawati, Jakarta Selatan, dan Surabaya, Jawa Timur. (Xan/S-2/ Sumber Media Indonesia, 24/04/2014, halaman 24-25)