Sabtu, 10 Mei 2014

PEMPROV DKI Bus Gandeng Scania Diminati

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta kini sedang melobi produsen bus standar international. Salah satunya bus gandeng ramah lingkungan buatan Scania, produsen dari Swedia.
“Kami rencanakan bus gandeng ramah lingkungan merek Scania itu akan diuji coba depan saya. Jadi uji cobanya saya saksikan sendiri,“ kata Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI, kemarin.

Wagub yang akrab dipanggil Ahok itu menambahkan, kedatangan bus Scania itu untuk memenuhi kebutuhan penambahan armada bus TransJakarta di Ibu Kota. Apalagi bus gandeng baru itu berbahan bakar gas ramah lingkungan.

Demonstrasi bus Scania itu memang menjadi persyaratan utama yang diajukan Ahok kepada seluruh produsen bus yang ingin menawarkan produknya untuk armada Trans-Jakarta. Ahok tidak mau kasus bus baru tapi sudah rusak dan karatan terulang lagi.

“Iya kita mau lihat (Scania).
Mercedes mungkin tahun depan. Kita mesti naikkan kelas armada angkutan massal Ibu Kota. Masak kota besar, armada busnya pakai merek tidak terkenal,“ kata Ahok.

Dalam melibatkan produsen bus berstandar internasional, menurut Ahok, pihaknya telah berkoordinasi dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Hal lain yang dikoordinasikan adalah tidak ada lagi prinsip tender atas harganya termurah jadi pemenang.

Prinsip tender yang dipakai melalui e-catalogue adalah adanya hitungan harga dan biaya lalu dibandingkan dengan masa pakai barang tersebut.
“Kalau bus Scania di Singapura, walaupun sudah 20 tahun dipakai, lalu dijual ke Afrika, masih bisa dipakai lagi. Berarti masa pakainya bisa 30 tahun. Makanya saya bilang kamu mau tidak beli mobil yang 3-4 tahun tidak jelas, mereknya tidak jelas, tidak pernah kita dengar, dibandingkan dengan merek yang telah teruji, yang harganya tidak sampai dua kali lipat (dari merek yang tidak jelas).

Kecuali kita tidak punya duit ya,“ ungkapnya.
Karoseri lokal Produsen Scania ini baru pertama kali masuk karena sebelumnya selalu kalah tender.
“Sebanyak mungkin kita mau beli. Kita minta karoseri harus lokal,“ tutur Ahok.

Seperti diketahui, PT United Tractors Tbk (UNTR) yang merupakan distributor tunggal Scania di Indonesia memperkenalkan bus gandeng Scania Euro 6. Bus ini berbahan bakar gas ramah lingkungan sebagai moda sistem transportasi massal.

Head of Trucks Division of PT United Tractors Tbk, Harijadi Mawardi, dalam siaran pers-nya mengatakan, kehadiran bus gandeng Scania Euro 6 siap menjawab kebutuhan moda transportasi massal di Jakarta. (Ssr/J-1) Media Indonesia, 08/05/2014, halaman 8